Senin, 21 Januari 2013

SOMETHING NEW

Sepertinya kita sudah akrab dengan bunyi iklan berikut: “Afika, ada yang baru nich!” Awalnya, saya tidak faham dengan celotehan beberapa teman tentang iklan tersebut. Pastinya, seiring berjalannya waktu saya (ter)sadar bahwa Afika adalah gadis kecil yang menjadi model iklan. “Afika ada yang baru nich!” adalah tagline yang melekat pada gadis kecil tersebut.

Kita tidak perlu membincangkan iklan di atas. Biarlah iklan menjadi urusan dunia ekonomi (perbisnisan). Namun, satu hal yang perlu kita cermati adalah, kata “baru” dalam tagline tersebut. Iya, sesuatu yang baru memang selalu menarik perhatian. Ia mampu menghadirkan aura yang membuat banyak orang, paling tidak, merasa penasaran. Karenanya, banyak yang kemudian ingin menjamah yang baru tersebut.
Saya punya pengalaman menarik selama KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Srandakan, Bantul, DIY. Sore hari, saya menghadiri TPA yang ada di masjid, tempat KKN saya. Sebelumnya, saya sudah berkenalan dengan pengurus TPA di masjid tersebut. Saya juga mengabarkan bahwa hari berikutnya, saya dan rekan KKN akan andil di TPA tersebut. Sampailah saya pada momen awal perkenalan dengan adik-adik TPA.
Salah satu pengajar TPA mempersilakan saya untuk mengisi sore itu. Sebelumnya, adik-adik TPA sudah setoran (baca: menyetor) bacaan Alquran kepada para pengajar, termasuk sebagian setoran ke saya. Dalam waktu beberapa menit saya sudah mulai akrab dengan adik-adik TPA. Dalam kesempatan  itu, saya bercerita. Saya ajak adik-adik TPA untuk ber-shalawat. Dan banyak hal lain yang sengaja saya berikan.
Selesai sudah saya menyampaikan materi sore itu. Sebab, adzan Maghrib sebentar lagi harus dikumandangkan. Sebelum TPA sore itu ditutup, salah seorang pengajar bertanya kepada adik-adik TPA. “Bagaimana tadi materinya? Ada something new, kan?” Begitu kira-kira tanyanya. Adik-adik TPA memang tidak memberikan jawaban verbal. Tapi, dari raut muka mereka ada kesan ketertarikan.
Dari situ, saya kemudian mengambil pelajaran. Menghadirkan kebaruan dalam hidup ini memang penting. Sesuatu yang baru itu akan memberikan kesan yang berbeda. Karena berbeda maka kita memperlakukannya dengan istimewa. Apalagi, sesuatu itu bukan hanya baru dari segi tampilan tetapi memang baru dalam kacamata kualitas. Dengan begitu, ada nilai yang lebih darinya.
Tulisan ini adalah tulisan baru yang sengaja saya siapkan untuk mengisi blog baru saya. Menghadirkan sesuatu yang baru salah satunya adalah dengan membuat sesuatu yang baru pula. Saya putuskan untuk membuat blog baru. Di blog itu, saya ingin berbagi kepada sidang pembaca. Pengalaman hidup yang dikemas dalam bahasa ringan dan sarat makna adalah tagline-nya.
Teriring doa, semoga Allah ta’ala memberikan istiqāmah agar kita berkesempatan untuk menghadirkansomething new dalam diri kita. Termasuk, bagaimana kita terus berupaya untuk memperba(ha)rui kadar kecintaan kepada-Nya. Tidak perlu banyak kata, pertanyaan pentingnya: something new apa yang telah kita dapatkan/lakukan hari ini? Allah selalu Membimbing kita. AminAllāhu a’lamu. []

0 komentar:

Posting Komentar