Senin, 30 Maret 2020

Dengan Silaturrahim Kita Kuat, Dengan Tenis Kita Sehat (Refleksi Turnamen Tenis Cakim PA se-Jatim)

Oleh: Samsul Zakaria, S.Sy., M.H.
Calon Hakim di PA Kabupaten Malang Kelas 1A



Jam 6 masih kosong, Kediri dinyatakan menang,” tulis Zahrul Bawady, Lc., di WA Group PTWP Cakim Jatim dengan emoji senyuman. Menang verstek, Bang...,” lanjut Muh. Irfan, S.H., menimpali. Sebagaimana putusan verstek, menang verstek berarti menang tanpa kehadiran pihak lawan. Untuk mencairkan suasana saya ikut nimbrung. Kami ajukan verzet...” Tentu saya bubuhi emoji smile pula dalam kalimat singkat tersebut.

Dialog di atas adalah salah satu “episode” serunya Turnamen Tenis antar Calon Hakim (Cakim) Pengadilan Agama (PA) se-Jawa Timur (Jatim). Even yang diikuti oleh 13 satuan kerja (satker) dimaksud dihelat di Lapangan Tenis Dinas PU dan Kutisari Tennis Center Surabaya pada Sabtu, 14 Maret 2020 lalu. Turnamen yang diadakan secara independen tersebut selesai di hari itu juga sebelum adzan Maghrib berkumandang.


Turnamen dimaksud saya katakan “independen” karena memang tanpa sponshorship dari pihak manapun. Lalu dari mana dananya? Berasal dari iuran sukarela dari masing-masing peserta. Uang tersebut digunakan untuk sewa lapangan dan pembelian snack dan minuman teh/kopi untuk dinikmati bersama. Selain itu, uang digunakan untuk membeli medali apresiatif ala kadarnya untuk para juara dan piala—khusus untuk juara pertama.

Terselenggaranya turnamen ini adalah bukti kekompakan para Cakim, khususnya para Cakim PA yang magang di wilayah Jatim. “Intinya (adalah dalam rangka) menggaungkan kekompakan dan ukhuwah Calon Hakim PA,” tutur Adam Wahid Pangaji, Lc., M.S.I., peserta sekaligus panitia inti. Ukhuwah atau persaudaraan tampak sekali dalam even ini. Terbukti dengan apapun hasil pertandingan, baik tim yang menang maupun yang kalah sama-sama menyuguhkan senyuman manis dan saling bersalaman dengan hangat.

Para Cakim harus bersyukur karena dalam even tersebut dibersamai oleh salah seorang Hakim senior. Hakim dimaksud adalah Drs. H. M. Abd. Wachid, S.H. (Hakim Utama Muda di Pengadilan Agama Tuban Kelas 1A). Dalam sambutannya ia memotivasi para Cakim—yang dalam waktu dekat akan diwisuda dan dilantik menjadi Hakim—untuk terus berlatih tenis. Kemampuan bermain tenis, lanjutnya, harus terus diasah. “Apalagi di luar Jawa perkaranya relatif sedikit,” tegasnya.


Rasa syukur diungkapkan oleh Sitti Salma Rumadaul, S.Sy. “Alhamdulillah. Ini salah satu kenangan yang tidak terlupakan selama menjalani pendidikan Cakim di Jawa Timur. Awalnya hanya target ikut tunamen tenis. Salah satu olahraga yang saya gemari 6 bulan terakhir. Bersyukur bisa sampai juara 1,” tutur Salma yang merupakan Ketua Panitia even ini. “Berharap semoga dengan (raihan) ini akan semakin memotivasi agar kedepannya bisa lebih baik,” tutupnya.

Semoga silaturrahim antar Cakim se-Jatim semakin kuat dan terjaga. Harapannya, ke depan diadakan even rutin sekaligus reuni khusus para Cakim yang pernah magang di Pengadilan Agama se-Jatim. Reuni tersebut nantinya menjadi penanda bahwa para Cakim tidak pernah puas dan terus mengasah kompetensi tenisnya di samping kompetensi-kompetensi lainnya. Sebab dengan olahraga (tenis), para Cakim yang sebentar lagi (in sya Allah...) dilantik menjadi Hakim tersebut tetap sehat wal afiyat. Al-‘aqlu as-salīm fi al-jismi as-salīm. Aamiin... []

Kepanjen – Kabupaten Malang,
Kamis, 19 Maret 2020 M/24 Rajab 1441 H.
Pukul 13.08 WIB.

***


Hasil Turnamen Tenis Cakim PA se-Jatim


Putra
Juara 1 (Emas)
Samsul Zakaria, S.Sy., M.H. dan
Helmy Ziaul Fuad, S.H.I., S.H., M.H.
(PA Kabupaten Malang)

Juara 2 (Perak)
Yasin Yusuf Abdillah, S.H.I. dan
Fahmi Arif, S.H.
(PA Tulungagung)

Juara 3 (Perunggu)
Adam Wahid Pangaji, Lc., M.S.I. dan
Ama’ Khisbul Maulana, S.H.I., M.H.
(PA Bojonegoro)
&
Zulkarnaini, S.Sy. dan
Humaidi, S.H.
(PA Surabaya)


Putri
Juara 1 (Emas)
Sitti Salma Rumadaul, S.Sy. 
(PA Tuban)

Juara 2 (Perak)
Wiwin Sutini, S.Sy. 
(PA Kediri)

Juara 3 (Perunggu)
Ai Susanti, S.H.I. 
(PA Tuban)



Adapun satker yang turut serta dalam even ini adalah sebagai berikut:

1. PA Banyuwangi Kelas 1A
2. PA Blitar Kelas 1A
3. PA Bojonegoro Kelas 1A
4. PA Jember Kelas 1A
5. PA Kabupaten Malang Kelas 1A
6. PA Kediri Kelas 1A
7. PA Kodya Malang Kelas 1A
8. PA Lamongan Kelas 1A
9. PA Lumajang Kelas 1A
10. PA Sidoarjo Kelas 1A
11. PA Surabaya Kelas 1A
12. PA Tuban Kelas 1A
13. PA Tulungagung Kelas 1A


1 komentar: